Foto Masjid Raya Pangkalan Zaman Saisuak


masjid raya pangkalan zaman dulu

masjid raya pangkalan zaman dulu

Foto diatas adalah foto klasik Mesjid di Koto Baru, Pangkalan, Luhak 50 Kota. Lihatlah arstitektur mesjid ini yang bergaya Bodi Caniago: atapnya berupa tungkuih nasi bersusun. Ini menandakan bahwa orang Koto Baru menganut kelarasan Bodi Caniago. Foto dengan teknik litografi ini (ukuran: 12×17 cm.) dibuat oleh mat kodak C. Nieuwenhuis tahun 1900. Awalnya foto ini berasal dari

Algemeen Rijksarchief Den Haag, Belanda, dari koleksi H.F. Laman Trip-van Andringa de Kampenaer.

Di sebelah mesjid terdapat bangunan kecil bagonjong yang tampaknya adalah tempat untuk meletakkan beduk besar (tabuah), alat untuk memanggil orang supaya datang ke mesjid bila waktu salat Jumat sudah tiba. Menara mesjid ini juga memiliki konstruksi yang unik, yang juga ditemukan di banyak mesjid lainnya di Minangkabau. Di belakangnya ada bangunan yang lebih kecil, barangkali sebuah surau, yang juga mempunyai atap berbentuk tungkuih nasi. Adalah biasa di Minangkabau sebuah surau terletak berdekatan dengan mesjid. Masing-masing punya fungsi sendiri: fungsi surau terkait dengan aktivitas keagamaan selingkup kaum dalam satu korong atau dusun, sedangkan fungsi mesjid terkait dengan aktivitas keagamaan selingkup nagari.

Sedangkan keadaan Masjid Raya Pangkalan Koto Baru saat ini adalah seperti foto dibawah ini,

masjid raya pangkalan

Hamdi – Dari berbagai sumber.

2 Tanggapan

  1. tKS, hamdi nan alah ma expos carito jo keadaan nagori kito koto alam, ombak sangat suko jo tampilan2 nan Hamdi buek, Terus lah berkarya ! agr nagari kito bisa terkenal Amiiin….

    Suka

    • Tarimo kasih samo2 mbak. Niat wak nak cinan bakojo samo jo Nagori utk menyajikan berita ttg kampong ko di internet, supayo sanak2 nan di antau bisa tau keadaan kampong. Dan supayo kampong kito bisa dikenal baik dek masyarakat luar.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: