Musim Baralek, Manyabik, dan Program Mahasiswa KKN


Selama hampir dua bulan ini, Juni-Juli 2011, di Koto Alam banyak kegiatan baralek, baik baralek nikah/pulang kuma dan juga baralek khitan/sunat rosu. Acara baralek ini ada yang dimeriahkan dengan talempong, rabab, dan orgen tunggal. Tentu saja acara orgen tunggal yang banyak peminatnya, lagi pula bertepatan dengan masa libur sekolah, sehingga Koto Alam lebih ramai dengan kepulangan pelajar2 yang bersekolah di kota & kecamatan. Selain itu ada juga acara pasar malam yang bertempat di Koto Ronah / Koto Tongah sekali seminggu.
Saat ini pula adalah musim manyabik, sehingga nanti ketika acara potang balimau sebelum ramadhan masyarakat bisa menikmati ‘boghe padi baghu’. Buah2an yg musim seperti pauh, klengkeng, dan petai. Sedangkan pencarian masyarakat saat ini hanya memotong gota, karna gambir harganya sangat murah, walaupun sebenarnya harga karet pun juga murah, yaitu Rp11.000-14.000 per kilo.
Para orang tua & anak yang mau melanjutkan sekolahnya ke SMP, SMA, dan bangku kuliah merasa sangat kesulitan. Pasalnya pelajar2 Koto Alam susah diterima di sekolah2 negeri Payakumbuh, nilai UN mereka tidak mencapai standar penerimaan siswa baru di sekolah bersangkutan, mereka tetap bersikeras ingin bersekolah disana, padahal di Pangkalan adalah rayon mereka. Bagi yang diterima di SMA Pangkalan, mereka memilih untuk melanjutkan sekolah disana saja. Sedangkan yang tetap ingin bersekolah di Payakumbuh, mereka hanya bisa masuk ke SMA/SMK swasta. Ada juga beberapa orang yang diterima di sekolah negeri, tapi itu dengan bantuan orang dalam.
Disamping itu, Koto Alam kedatangan mahasiswa KKN dari STAIN Batusangkar. Mereka praktek lapangan di keempat jorong dan mengadakan berbagai program di masyarakat kita, terutama dalam bidang keagamaan. Seperti mencanangkan tadarus bersama selesai sholat maghrib di masjid, membantu mengajar ngaji di surau, memberikan pelajaran bahasa arab/inggris kepada anak2 ngaji, serta bekerjasama dengan pemuda nagari untuk menyusun kegiatan dalam rangka potang balimau, bulan ramadhan, dan peringatan HUT RI 17 Agustus mendatang. Mudah2an acaranya lancar dan memeriahkan buat nagari kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: