Lomba Mancing, Hobi Baru Masyarakat Nagari Koto Alam


Lomba mancing merupakan sebuah event yang sudah dari dulu diadakan di tempat-tempat lain, namun baru setahun belakangan ini masyarakat Koto Alam mengadakannya di nagari sendiri. Sebelumnya, pemuda-pemuda yang mempunyai hobi memancing ada yang ikut lomba ke desa lain, seperti ke Nagari Ketinggian, Lubuk Bangku, dan lain-lain.

Semenjak ikan larangan Lubuk Banyak dipanen, pada saat itulah muncul inisiatif pemuda untuk mengadakan lomba memancing di Koto Alam. Dan saat ini di Jorong Koto Ronah terdapat sebuah kolam ikan yang dirombak menjadi kolam pancing. Setiap hari orang mengadakan lomba disana, tidak hanya masyarakat Koto Alam yang ikut namun kadang ada juga peserta dari desa lain. Masing-masing peserta membayar insert sekitar 30-ribuan untuk satu shift yang berlaku beberapa jam. Kegiatan ini berlangsung hingga larut malam, kadang sampai jam satu pagi. Ikan-ikannya disediakan oleh pemilik kolam, dibeli ke penjual ikan dan dimasukkan ke dalam kolam.

Bagi peserta yang berhasil menarik beberapa ekor ikan besar dari kolam itu keluar, berarti dia beruntung jika harga ikan tersebut melebihi insert. Karena ikan itu dapat dijual kembali kepada masyarakat yang ingin membelinya. Atau untuk dia konsumsi sendiri. Namun  bagi yang “ujong kai nyo udi” terpaksa mengalami kerugian dan pulang dengan tangan kosong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: