Sakido Mura Kian Ramai


Limapuluh Kota – Tugu kulminasi matahari di Koto Alam Pangkalan kini kian ramai kunjungan. Pasca akhir bulan lalu digelar kegiatan peringatan kulminasi matahari oleh Bupati Alis Marajo, diramaikan penduduk Koto Alam , Kecamatan Pangkalan Koto Baru, disemangati oleh para perantau dan wisatawan serta dilihat langsung oleh pengendara dan penumpang kendaraan lintas Sumbar-Riau, kini kian menjadi ikon wisata.

Betapa tidak, dengan tampilannya tugu Sakido Mura yang kini bersih dari ilalang, dicat merah dan putih, berkeramik baru, sehingganya setiap kendaraan yang lewat, berupaya berhenti sejenak menikmati tugu di sana.

Bahkan, menurut Kabid Pariwisata Ali Hasan, Tugu Sakido Mura yang telah diperdakan menjadi destinasi wisata minat khusus, kini menjadi ikon tersendiri. Tak ayal, banyak orang yang datang melihat langsung dan menyempatkan diri berfoto di lokasi tersebut.
”Ini suatu kemajuan. Kami gembira,” kata Ali Hasan.

Berikutnya, akan disemangati penduduk lokal setempat untuk berjualan cinderamata Sakido Mura di sana. Perkembangan kepariwisataan berikutnya dampak dari kulminasi matahari. September mendatang kembali peristiwa alam itu terjadi hanya di Limapuluh Kota.

Pengembangan destinasi wisata di Limapuluh Kota terus dibenahi. Limapuluh Kota kini boleh berbangga sebab tujuan wisata nasional telah mengenal baik kawasan Harau secara mendetail. Bahkan di situs resmi kepariwisataan nasional, http://www.indonesia-travel.com telah dimaktubkan bahwa Harau Valley sebagai destinasi utama.
Ditambah dengan tekad sukses Tour de Singkarak 2-9 Juni mendatang. Sebagaimana pelaksanaan TdS sebelumnya, kepuasan turis dan peserta serta ofisial luar negeri tertumbuk di Harau.(dsp)


Tulisan dikirim oleh Dodi Syahputra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: