[Foto saisuak] Cabang Sungai Batang Samo di Koto Alam Tahun 1912


Rivier, vermoedelijk een een zijtak van de Batang Samo tussen Pajakoemboeh en Pangkalankotabaroe (terjemahan: "Sungai, agaknya cabang dari Batang Samo antara Pajakoemboeh dan Pangkalankotabaroe").

Rivier, vermoedelijk een een zijtak van de Batang Samo tussen Pajakoemboeh en Pangkalankotabaroe (terjemahan: “Sungai, agaknya cabang dari Batang Samo antara Pakoemboeh dan Pangkalankotabaroe”). Sekitar tahun 1912

Sumber foto: KITLV Leiden Belanda (http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced?q_searchfield=batang+samo)

Metdata:

mtdt btg smo

 

Coba bandingkan dengan foto berikut ini, foto sungai Ai Koto Lamo (Batang Lui) di Koto Alam, yang merupakan hulu dari Batang Samo.

Ai Koto Lamo, Hulu Batang Samo/ Sisamo

Ai Koto Lamo, Hulu Batang Samo/ Sisamo saat ini

Persepsi saya kedua foto diatas berlokasi di tempat yang sama, karna kemiripan angle foto serta kesamaan bebatuaan sungai dan pemandangan di sekitar sungainya. Barangkali memang benar, karna jalan dari Pangkalan ke Sarilamak sebelum tahun 1913 jalurnya melewati lembah Koto Alam di sungai Ai Koto Lamo. Baru setelah Belanda membangun jalan rute Lubuk Bangku ke Pangkalan pada 1913, jalurnya melewati sisi bukit di Nagari Koto Alam sebagaimana saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: