Mau Buah Durian yang Lezat? Carilah di Koto Alam!


durian koto alamPANGKALAN, RIAUSATU.COM -Buah durian yang tersebar luas di sejumlah pasar pada saat musim durian berbuah, tidak terkecuali di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, belum tentu semua lezat dan enak dimakan. Sebab, bukan tidak mungkin ada di antara buah durian yang dipasarkan itu, dimasak melalui cara dikarbit.

Tapi buah durian yang dikeluarkan dari Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumbar (Sumatera Barat), dijamin kelezatannya karena hampir tidak ada buah durian yang dikeluarkan dari nagari itu yang masak melalui proses dikarbit atau diperam.

”Saya pastikan, buah durian yang dijual oleh para petani di nagari ini merupakan buah yang masak di batang,” kata Murdi, 42, petani durian di nagari itu. Karena masak di batang, sambung Mardi, dipastikan cita rasa buah duriannya jauh lebih lezat dibandingkan dengan buah durian yang masak diperam.

Tak ada sanksi hukum formal atau hukum adat yang melarang petani menjual buah durian hasil karbitan. ”Ini hanya soal kebiasaan, dan kebiasaan itu masih tetap terpelihara dengan baik di sini sampai saat ini,” tambah Yunizar, petani durian lain di nagari yang sama.

Durian Koto Alam

Durian Koto Alam

Bagi petani di sana, mereka lebih memilih bermalam di kebun durian yang jaraknya puluhan kilometer dari kampung, dan terkadang berada di tengah hutan, untuk menunggui buah durian jatuh dari batangnya karena sudah matang dari pada memetik buah yang belum masak, untuk diperam, dan kemudian dilemparkan ke pasaran.

Bila tiba musim durian, ruas jalan negara Sumbar-Riau yang terletak di nagari itu, diramaikan oleh lapak-lapak pedagang durian yang berjejer di kiri-kanan jalan. Dijual dengan harga bervariasi, antara Rp8.000 sampai Rp12.000/buah, tiap musim durian berbuah nagari itu menjadi ramai oleh para pemburu buah durian, yang kebanyakan berasal dari Riau. (dri)

Sumber: riausatu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: